RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GELOMBANG ( HUBUNGAN ANTARA PERIODE, FREKUENSI, PANJANG GELOMBANG DAN CEPAT RAMBAT GELOMBANG)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :  SMPN “X”  Palangkaraya
Kelas/Semester          :  VII4 / 2
Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi Waktu           :  3x40’ (120 menit)
Hari/Tanggal             :  Senin/  2012


Standar Kompetensi :     Memahami hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat
gelomabang dan panjang gelombang.

Kompetensi Dasar     :    Mendefenisikan periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan
pajang gelombang.

Indikator                    :     Mendeskripsikan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelomabang dan panjang gelombang

Tujuan Pembelajaran:  Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang.
2.        Menyelesaikan soal dengan baik dan benar.


v  Siswa dapat mengembangkan karakter :       
1.      Religius, yaitu dengan membiasakan untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
2.      Rasa ingin tahu melalui motivasi yang disampaikan oleh guru.
3.      Cermat, teliti dan hati-hati dalam menjawab soal-soal.
4.      Tekun dalam menjawab/mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru.
5.      Menghargai pendapat orang lain terutama pada saat berlangsungnya tanya jawab.
6.      Rajin dalam setiap aspek kegiatan belajar mengajar.
7.      Bertanggung jawab dengan setiap alat tugas yang diberikan.
8.      Cerdas dalam memahami penjelasan guru.
9.      Berpikir kritis dalam menganalisa konsep-konsep materi.
10.  Rasa hormat dan perhatian pada saat guru menjelaskan.
11.  Sopan dan santun terhadap guru dan sesama siswa dalam menyampaikan pendapat, bertindak, dan bekerja baik di dalam kelas ataupun di luar kelas.



Materi Pembelajaran  :  Getaran dan Gelombang
           
Metode Pembelajaran :  - Model      : Cooperative Learning (CL)
      - Metode   : Ceramah, tanya jawab, diskusi.
                            
Langkah-langkah Kegiatan:           
a.        Kegiatan Pendahuluan (+ 15 menit)
·         Motivasi dan apersepsi
1.      Guru mengucapkan salam kepada siswa dan mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran (siswa dapat mengembangkan karakter religius, rasa hormat dan perhatian)
Guru         : “ Selamat pagi, anak-anak?”
Siswa        : “ Selamat pagi, Pak.”
Guru         : “ Apakah semuanya sehat?”
Siswa        : “ Sehat, Pak.”
Guru         : “ Baiklah berarti kalian sudah siap untuk belajar kembali hari ini.
Seperti biasanya sebelum memulai pelajaran kita berdoa dulu supaya kegiatan belajar mengajar kita bisa berjalan lancar. Siapa yang mau memimpin kita berdoa? Ayo maju ke depan.
Siswa        : Maju ke depan kelas untuk memimpin berdoa.
Guru         : “Oke. Terima kasih. Silahkan duduk.”
Siswa        : Duduk kembali.

Ø  Fase 1: Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa (siswa dapat mengembangkan karakter kecerdasan, berpikir kritis, tekun, rasa ingin tahu, percaya diri, rasa hormat dan perhatian, teliti, cermat dan hati-hati)
2.      Guru memotivasi siswa dengan menggali ingatan siswa tentang pelajaran pada minggu sebelumnya.
Guru         : “Anak-anak apa kalian pernah mendengarkan radio ?”
Siswa        : “
ya.”
Guru       :“ apa yang biasa diucapkan penyiarnya untuk mempromosikan stasiun       
                   radionya?”
Siswa        : Memberikan jawaban yang bervariasi.
Guru         : “Ya, itu merupakan aplikasi dari gelombang dalam kehidupan sehari-
                      hari yang merambat di udara yang memiliki kecepatan tertentu,
                      untuk mempelajari itu semua maka hari ini kita akan mempelajari
                      tentang getaran dan gelombang.”

3.      Guru menuliskan di papan tulis “Getaran dan Gelombang
Guru         : Mengucapkan dan menuliskan di papan tulis “Gelombang”.
Siswa        : Memperhatikan dan menulis judul materi pembelajaran di buku tulis
  masing-masing.

4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru         : Melalui pembelajaran ini nanti, Bapak mengharapkan agar kalian
dapat:
1.      Menjelaskan defenisi periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang.
2.     Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang.
3.     Menyelesaikan soal dengan baik dan benar.





·         Prasyarat pengetahuan
-          Faktor apakah yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia?


b.        Kegiatan Inti (+ 90 menit)
§  EKSPLORASI
Guru meminta siswa untuk membuka buku paket yang dipegang siswa.
Guru         : “ Kalian bisa membuka materi yang sudah Bapak bagikan, pada
     materi tersebut dapat kalian baca tentang frekuensi, periode, cepat
     rambat gelombang dan panjang gelombang.”
Siswa        : Membuka materi dan membacanya.

Menyajikan informasi (karakter siswa yang diharapkan adalah rasa ingin tahu, rasa hormat dan perhatian, tanggung jawab, kepedulian, kecerdasan, berpikir kritis, ketelitian dan kecermatan)
Guru        : “ Iya, apa ada yang mau memberi pendapat tentang frekuensi periode
                     cepat rambat gelombang dan panjang gelombang?”
Siswa        : Memberikan pendapat yang bervariasi.
Guru         : Menjelaskan ulang
Siswa      : Memperhatikan penjelasan guru dan mengemukakan pendapatnya.
      Guru        :
·         Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·         Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§  ELABORASI
Ø  Fase 3: Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif (karakter siswa yang diharapkan adalah disiplin dan tanggung jawab)
1.    Mengorganisasikan siswa dalam kelompok – kelompok belajar, dimana siswa dalam 1 kelompok terdiri atas 6 orang.
                    Guru        :   Sebelum Bapak membagikan kalian dalam kelompok yang perlu
kalian ingat dalam suatu kelompok harus ada kerja sama, berbagi, saling membantu, dan menghargai antar anggota kelompok. Bapak pilih kalian secara acak”.
                    Siswa       :   Bergabung dengan kelompok masing – masing.

2.    Guru membagikan LKPD kepada semua kelompok untuk dibahas dalam kelompoknya masing-masing.
                    Guru        :  Disini Bapak membagikan LKPD kepada setiap kelompok. Ayo,
      Perwakilan dari kelompok masing – masing mengambil LKPD dan
   alat bahan kalian untuk melakukan eksperimen.
                     Siswa      :  Perwakilan dari masing – masing kelompok mengambil LKPD.

Ø  Fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar (karakter siswa yang diharapkan adalah tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain, disiplin, kecerdasan, berpikir kritis, tekun, ketelitian dan kecermatan)
3.      Membimbing kelompok bekerja dan belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka dalam kelompok.
Guru      :   Mendatangi siswa secara bergantian dari kelompok 1 sampai
kelompok 6 dan membimbing siswa ketika ada kesulitan dalam melakukan eksperimen.
Siswa     :   mengerjakan soal-soal yang ada di LKPD.

4.      Guru meminta siswa perwakilan dari masing – masing kelompok untuk menyampaikan hasil kerja mereka dan memastikan jawaban yang benar.
Guru      : “Bapak minta salah satu dari perwakilan kelompok untuk
menyampaikan hasil dari LKPD yang telah kalian lakukan dalam kelompok kalian tadi.”
Siswa     :  Secara bergantian perwakilan dari masing – masing kelompok
                menyampaikan hasil LKPD yang mereka kerjakan mereka.
Guru      :  Ketika ada penyampaian yang kurang tepat membantu mengarahkan
                  supaya menyampaikan dengan benar.

c.         Kegiatan Penutup (+ 15 menit)
§  KONFIRMASI
1.    Guru membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran.
Guru : “ Dari pembelajaran kita hari ini yang dapat kita simpulkan adalah..........
     (menanyakan pada siswa rangkuman pembelajaran sesuai dengan TPK).
     Siswa: Menyebutkan rangkuman atau kesimpulan pembelajaran.

Ø  Fase 5: Evaluasi (karakter siswa yang diharapkan adalah kecerdasan, berpikir kritis, berpikir kreatif, ketelitian dan kecermatan, tanggung jawab, percaya diri dan kemandirian)
2.        Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari dengan menyelesaikan soal.
     Guru :  Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari
          dengan memberikan soal kepada masing-masing siswa.
                 Siswa:  Menjawab soal.

Ø  Fase 6: Memberikan penghargaan (karakter siswa yang diharapkan adalah tekun)
3.      Memberikan penghargaan kepada siswa dengan hadiah kepada kelompok super dan motivasi semangat untuk kelompok yang lainnya.
Guru      : “ Bapak bangga dengan hasil kerja kalian hari ini terutama kepada
kelompok yang kerjasamanya bagus. Jadi, hari ini kelompok super diraih oleh kelompok.....(mengajak siswa untuk bertepuk tangan). Kelompok yang lain jangan berkecil hati kalian juga sudah bekerja sama dengan baik.

4.      Guru menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan mengucapkan salam penutup.
Guru    :  “ Sekian dulu pembelajaran kita pada hari ini, jangan lupa terus belajar di
rumah. Minggu depan kita akan membahas tentang gerak. Selamat pagi”.
Siswa   :  “ Baik, Bapak. Selamat pagi.”



                                   
Palangkaraya, ..... April 2012
       Praktikan,



GARANTUNG
NIM. ACB 111 111

 Menyetujui:                                                  Menyetujui:
                 Dosen Pembimbing,                                           Guru Pamong,



    Dr. PENDI SINULINGGA, M.Pd.                     ............................................
     NIP. 19660522 199103 1 001                             NIP.

Mengetahui:
Kepala SMPN “X”  Palangkaraya,



............................................................
NIP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pilihan Ganda Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari K-13

STATISTIKA DASAR

Soal Pilihan Ganda Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari K-13