RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GELOMBANG ( HUBUNGAN ANTARA PERIODE, FREKUENSI, PANJANG GELOMBANG DAN CEPAT RAMBAT GELOMBANG)
(RPP)
Sekolah : SMPN “X” Palangkaraya
Kelas/Semester :
VII4 / 2
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi Waktu :
3x40’ (120 menit)
Hari/Tanggal :
Senin/ 2012
Standar Kompetensi : Memahami hubungan
antara periode, frekuensi, cepat rambat
gelomabang dan panjang gelombang.
Kompetensi Dasar : Mendefenisikan
periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan
pajang gelombang.
Indikator : Mendeskripsikan
hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat gelomabang dan panjang
gelombang
Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan hubungan
antara periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang.
2.
Menyelesaikan
soal dengan baik dan benar.
v Siswa dapat
mengembangkan karakter :
1.
Religius,
yaitu dengan membiasakan untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
2.
Rasa
ingin tahu melalui motivasi yang disampaikan oleh guru.
3.
Cermat,
teliti dan hati-hati dalam menjawab soal-soal.
4.
Tekun
dalam menjawab/mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru.
5.
Menghargai
pendapat orang lain terutama pada saat berlangsungnya tanya
jawab.
6.
Rajin
dalam setiap aspek kegiatan belajar mengajar.
7.
Bertanggung
jawab dengan setiap alat tugas yang diberikan.
8.
Cerdas
dalam memahami penjelasan guru.
9.
Berpikir
kritis dalam menganalisa konsep-konsep materi.
10.
Rasa
hormat dan perhatian pada saat guru menjelaskan.
11.
Sopan
dan santun terhadap guru dan sesama siswa dalam menyampaikan pendapat,
bertindak, dan bekerja baik di dalam kelas ataupun di luar kelas.
Materi Pembelajaran : Getaran
dan Gelombang
Metode Pembelajaran : - Model :
Cooperative Learning (CL)
- Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi.
Langkah-langkah
Kegiatan:
a.
Kegiatan
Pendahuluan (+ 15 menit)
·
Motivasi
dan apersepsi
1. Guru
mengucapkan salam kepada siswa dan mengajak siswa berdoa sebelum memulai
pelajaran (siswa dapat mengembangkan karakter religius, rasa hormat dan
perhatian)
Guru : “ Selamat pagi, anak-anak?”
Siswa : “ Selamat pagi, Pak.”
Guru : “ Apakah semuanya sehat?”
Siswa : “ Sehat, Pak.”
Guru : “ Baiklah berarti kalian sudah siap
untuk belajar kembali hari ini.
Seperti biasanya sebelum memulai
pelajaran kita berdoa dulu supaya kegiatan belajar mengajar kita bisa berjalan
lancar. Siapa yang mau memimpin kita berdoa? Ayo maju ke depan.
Siswa : Maju ke depan kelas untuk memimpin
berdoa.
Guru : “Oke. Terima kasih. Silahkan duduk.”
Siswa : Duduk kembali.
Ø Fase 1: Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa (siswa dapat
mengembangkan karakter kecerdasan, berpikir kritis, tekun, rasa ingin tahu, percaya
diri, rasa hormat dan perhatian, teliti, cermat dan hati-hati)
2. Guru
memotivasi siswa dengan menggali ingatan siswa tentang pelajaran pada minggu
sebelumnya.
Guru : “Anak-anak apa kalian pernah mendengarkan radio ?”
Siswa : “ ya.”
Siswa : “ ya.”
Guru :“ apa
yang biasa diucapkan penyiarnya untuk mempromosikan stasiun
radionya?”
Siswa :
Memberikan jawaban yang bervariasi.
Guru :
“Ya, itu merupakan aplikasi dari gelombang dalam
kehidupan sehari-
hari yang merambat di
udara yang memiliki kecepatan tertentu,
untuk mempelajari itu
semua maka hari ini kita akan mempelajari
tentang getaran dan
gelombang.”
3. Guru
menuliskan di papan tulis “Getaran dan
Gelombang”
Guru :
Mengucapkan dan menuliskan di papan tulis “Gelombang”.
Siswa :
Memperhatikan dan menulis judul materi pembelajaran di buku tulis
masing-masing.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru :
Melalui pembelajaran ini nanti, Bapak
mengharapkan agar kalian
dapat:
1.
Menjelaskan
defenisi periode, frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang.
2. Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat
rambat gelombang dan panjang gelombang.
3. Menyelesaikan soal dengan baik dan benar.
·
Prasyarat
pengetahuan
-
Faktor apakah yang
mempengaruhi kecepatan reaksi kimia?
b.
Kegiatan
Inti (+ 90 menit)
§ EKSPLORASI
Guru
meminta siswa untuk membuka buku paket yang dipegang siswa.
Guru : “ Kalian bisa membuka materi yang sudah Bapak bagikan, pada
materi tersebut dapat kalian baca tentang frekuensi, periode,
cepat
rambat gelombang dan panjang gelombang.”
Siswa : Membuka materi dan membacanya.
Menyajikan
informasi (karakter siswa yang diharapkan
adalah rasa ingin tahu, rasa hormat dan perhatian, tanggung jawab, kepedulian, kecerdasan,
berpikir kritis, ketelitian dan kecermatan)
Guru :
“ Iya, apa ada yang mau memberi pendapat
tentang frekuensi periode
cepat
rambat gelombang dan panjang gelombang?”
Siswa :
Memberikan pendapat yang bervariasi.
Guru :
Menjelaskan ulang
Siswa :
Memperhatikan penjelasan guru dan mengemukakan pendapatnya.
Guru :
·
Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·
Memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya.
·
Melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ ELABORASI
Ø Fase 3: Mengorganisasikan siswa ke dalam
kelompok kooperatif (karakter siswa yang
diharapkan adalah disiplin dan tanggung jawab)
1. Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok – kelompok belajar, dimana siswa dalam 1 kelompok terdiri
atas 6 orang.
Guru : Sebelum Bapak
membagikan kalian dalam kelompok yang perlu
kalian ingat dalam suatu kelompok harus ada kerja
sama, berbagi, saling membantu, dan menghargai antar anggota kelompok. Bapak
pilih kalian secara acak”.
Siswa : Bergabung dengan kelompok masing – masing.
2. Guru
membagikan LKPD kepada
semua kelompok untuk dibahas dalam kelompoknya masing-masing.
Guru : Disini Bapak
membagikan LKPD kepada setiap kelompok. Ayo,
Perwakilan dari kelompok masing – masing mengambil LKPD
dan
alat bahan kalian untuk melakukan eksperimen.
Siswa :
Perwakilan dari masing – masing kelompok mengambil LKPD.
Ø Fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan
belajar (karakter siswa yang diharapkan
adalah tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain, disiplin, kecerdasan,
berpikir kritis, tekun, ketelitian dan kecermatan)
3. Membimbing
kelompok bekerja dan belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka dalam
kelompok.
Guru : Mendatangi
siswa secara bergantian dari kelompok 1 sampai
kelompok 6 dan membimbing siswa ketika
ada kesulitan dalam melakukan eksperimen.
Siswa : mengerjakan
soal-soal yang ada di LKPD.
4. Guru
meminta siswa perwakilan dari masing – masing kelompok untuk menyampaikan hasil
kerja mereka dan memastikan jawaban yang benar.
Guru :
“Bapak minta salah satu dari perwakilan
kelompok untuk
menyampaikan hasil dari LKPD
yang telah kalian lakukan dalam kelompok kalian tadi.”
Siswa : Secara bergantian perwakilan dari masing –
masing kelompok
menyampaikan hasil LKPD yang mereka kerjakan mereka.
Guru : Ketika ada penyampaian yang kurang tepat
membantu mengarahkan
supaya menyampaikan dengan benar.
c.
Kegiatan
Penutup (+ 15 menit)
§ KONFIRMASI
1. Guru
membimbing siswa membuat rangkuman pembelajaran.
Guru
: “ Dari pembelajaran kita hari ini yang dapat kita simpulkan adalah..........
(menanyakan pada siswa rangkuman
pembelajaran sesuai dengan TPK).
Siswa: Menyebutkan rangkuman atau
kesimpulan pembelajaran.
Ø Fase 5: Evaluasi (karakter siswa yang diharapkan adalah kecerdasan, berpikir kritis,
berpikir kreatif, ketelitian dan kecermatan, tanggung jawab, percaya diri dan
kemandirian)
2.
Guru
mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari dengan
menyelesaikan soal.
Guru
: Guru mengevaluasi hasil belajar
tentang materi yang telah dipelajari
dengan
memberikan soal kepada masing-masing siswa.
Siswa: Menjawab soal.
Ø Fase 6: Memberikan penghargaan (karakter siswa yang diharapkan adalah tekun)
3.
Memberikan penghargaan kepada siswa
dengan hadiah kepada kelompok super dan motivasi semangat untuk kelompok yang
lainnya.
Guru :
“ Bapak bangga dengan hasil kerja kalian hari
ini terutama kepada
kelompok yang kerjasamanya bagus. Jadi,
hari ini kelompok super diraih oleh kelompok.....(mengajak siswa untuk bertepuk
tangan). Kelompok yang lain jangan berkecil hati kalian juga sudah bekerja sama
dengan baik.
4. Guru
menginformasikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan mengucapkan
salam penutup.
Guru : “ Sekian dulu
pembelajaran kita pada hari ini, jangan lupa terus belajar di
rumah. Minggu depan kita akan membahas
tentang gerak. Selamat pagi”.
Siswa : “ Baik, Bapak.
Selamat pagi.”
Palangkaraya, ..... April 2012
Praktikan,
GARANTUNG
NIM.
ACB 111 111
Menyetujui: Menyetujui:
Dosen Pembimbing, Guru Pamong,
Dr. PENDI SINULINGGA, M.Pd. ............................................
NIP. 19660522 199103 1 001 NIP.
Mengetahui:
Kepala SMPN “X” Palangkaraya,
............................................................
NIP.
Komentar
Posting Komentar