STATISTIKA DASAR



1.    Apa arti dari Hipotesis ?

Hipotesis ialah pernyataan sementara yang perlu diuji kebenarannya atau suatu pernyataan yang masih lemah kebenarannya dan perlu dibuktikan atau dugaan yang sifatnya masih sementara.


2.    Jelaskan macam – macam hipotesis ?

a.    Hipotesis Nol atau Hipotesis Nihil biasanya disimbolkan H0 adalah hipotesis yang dirumuskan sebagai suatu pernyataan yang akan diuji. Disebut hipotesis nol karena hipotesis terssebut tidak memiliki perbedaan atau perbedaanya nol dengan hipotesis sebenarnya.
b.    Hipotesis Alternatif atau hipotesis tandingan disimbolkan H1 atau Ha adalah hipotesis yang dirumuskan sebagai lawan atau tandingan dari hipotesis nol.


3.    Kapan kita memakai uji dua pihak dan kapan memakai uji satu pihak ?

Keputusan untuk memilih uji dua pihak atau satu pihak didasarkan atas keputusan yang akan diambil sebagai hasil dari penemuan penelitiannya. Berikut ini saya akan paparkan secara rinci penjelasannya :
1.    Jika ingin membuat suatu keputusan untuk memilih salah satu dari dua bentuk gaya mengajar atau gaya kepemimpina. Maka, menggunakan uji dua pihaklah yang lebih cocok untuk dipilih.
2.    Jika peneliti ingin memutuskan untuk mengadopsi suatu system baru atau metode baru, maka uji satu pihak yang lebih cocok untuk dipilih. Uji satu pihak ini sangat dapat membantu untuk pengembangan suatu teori.


4.    Apa yang dimaksud dengan taraf signifikasi ?

Taraf Signifikasi adalah kedua tipe kesalahan yaitu kesalahan tipe satu atau biasa dilambangka dengan alpa (α) dan kesalahan tipe kedua biasa dilambangkan betha (β). Kesalahan (α.β) disebut taraf signifikasi.


5.    Apa Persyaratan agar pengujian hipotesis dapat dilakukan ?

-          Nyatakan dengan tegas bahwa data yang akan diuji tersebut berasal dari sampel atau populasi. Jika menggunakan data sampel, maka rata – ratanya adalah µ, dan jika menggunakan data populasi maka rata – ratanya adalah σ.
-          Data yang diuji berdistribusi normal.


6.    Sebutkan dua macam kesalahan dalam pengujian hipotesis ?

-          Kesalahan tipe 1 yaitu menolak hipotesis yang seharusnya tidak ditolak
-          Kesalahan tipe 2 yaitu tidak menolak hipotesis yang seharusnya ditolak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pilihan Ganda Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari K-13

Soal Pilihan Ganda Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari K-13