GAMBARAN ISI BUKU BENTURAN ANTAR PERADABAN KARANGAN SAMUEL P. HUNTINGTON



GAMBARAN ISI BUKU BENTURAN ANTAR PERADABAN
KARANGAN SAMUEL P. HUNTINGTON

BAGIAN I
            Untuk pertama kalinya dalam sejarah, politik global bersifat multipolar dan multisivilisasional; modernisasi dibedakan dari Westernisasi dan lahirnya sebuah peradaban universal, dengan berbagai makna pentingnya, bukan merupakan hasil dari Westernisasi masyarkat-masyarakat non-barat.

BAGIAN II
            Pergeseran kekuatan di antara berbagai peradaban; menurunnya pengaruh Barat; peradaban-peradaban Asia memperluas kekuatan-kekuatan ekonomi, militer dan politik mereka; Negara-negara Islam mengalami lendakan penduduk yang berdampak pada destabilisasi yang tidak hanya menimpa negara-negara Islam itu sendiri, tetapi juga negara-negara tetangga mereka; dan peradaban-peradaban non-barat, secara umum menegaskan kembali nilai-nilai budaya mereka sendiri.

BAGIAN III
            Lahirnya ‘sebuah dunia’ yang didasarkan pada tatanan yang berlandaskan peradaban; masyarakat-masyarakat yang memiliki afinitas-afinitas  cultural saling berkerja sama antara satu dan yang lainnya; upaya untuk menggantikan peradaban lain senantiasa tidak berhasil; dan masing-masing Negara saling bertumpu pada peradaban mereka sendiri.

BAGIAN IV
            Pretense-pretensi universalis Barat semakin mengantarkan pada konflik pada peradaban-peradaban lain, dan yang paling serius  dengan Islam dan Cina; pada tingkat local, terjadi konflik  antara kaum Muslim dengan non-Muslim, yang menggerakan “Negara-negara yang serumpun” kearah pertikaian yang semakin luas. Dalam hal ini peran-peran Negara inti sangat menentukan dalam mencegah konflik-konflik tersebut.

BAGIAN V
            Kelangsungan hidup (peradaban) Barat tergantung pada penegasan kembali Amerika atas identitas ke-barat-an mereka dan keyakinan Negara-negara Barat tentang ‘keunikan’ peradaban mereka, bukan peradaban universal dan persatuan mereka untuk dihadapkan pada tantangan-tantangan yang datang dari masyarakat-masyarakat non-Barat mempertahankan serta memperbaruinya. Terhindarnya perang global antar peradaban tergantung pada kebijakan dan kerja sama para pemimpin dunia dalam mempertahankan karakter multisivisasional dari politik global.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pilihan Ganda Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari K-13

STATISTIKA DASAR

Soal Pilihan Ganda Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari K-13